Langsung ke konten utama

Gibran #3: Ramalan Maul Part 2



Gara-gara Maul kemarin ngeramal Bu Keriting, jadi gitu. Semua murid kelas X-5 disuruh ngerjain pe-er. Gak kira-kira lagi. Delapan belas halaman cuman dikasih waktu satu hari. Gila gak tuh ?! Lagian si Maul ada-ada aja. Ngeramal Bu Keriting bakalan gak masuk sekolah dikarenakan diare. Aturan yang kerenan dikit gitu, stroke atau nggak muntah kecoa. Hihi. 

Jadi sekarang semua murid dateng pagi-pagi. Sibuk nyalin jawaban pe-er yang dikasih kemarin. Gibran sih santai aja. Pagi-pagi, dia menyilangkan tangan di dada, lalu bersabda: “Makanya, manfaatkan waktu kalian sebaik mungkin. Kayak saya dong, udah ngerjain tugas. Nih, nyontek punya saya aja.” 

Satu kelas melongo. Baru pertama kali ngeliat Gibran serajin ini. Keajaiban yang mustahil bin mustahal. Sempet kesel juga dengan kesombongan bocah tengik itu, tapi ada daya, waktu semakin menipis, ngerjain tugas pun harus ambis.

Maul dateng telat. Beserta rombongannya Basyit, Guntur, sama Aziz. Melihat kejadian menyalin tugas secara keroyokan, mereka juga ikutan. Toh rombongan bocah badung juga gak kalah dalam kompetisi males-malesan. Maul ngeliat gelagat aneh. Gibran adem-ayem berdiri di depan kelas.

“Gib, nggak ngerjain tugas ?” tanya Maul.

“Dih! Masih jaman ngerjain tugas pagi-pagi?”

Maul mendengus, “Bukannya kamu yang sering nyalin tugas saya, ya ?”

Sorry, Ul. Roda sudah berputar. Life is never flat. Buanglah sampah pada tempatnya!” cetus Gibran, asal ngomong.

Maul mendengus.

Lalu dia mulai bergabung dengan teman lainnya. Sibuk menyalin tugas. Tapi dalam hati dia masih mikir, Gibran bisa rajin ngerjain tugas ya ? Pasti ada yang gak beres nih. Apa dia abis ketabrak mobil lagi? Ah! Daripada mikirin Gibran, mendingan fokus nyalin.

Tak terasa bel masuk sudah berbunyi. Jam setengah delapan teng. Tugas seluruhnya sudah rampung. Saatnya mengumpulkan tugas ke meja Bu Keriting. Setelah dirasa semua tugas sudah terkumpul di mejan guru, Maul sama Gibran disuruh ke kelas kembali sama Bu Keriting.

Mereka berdua bernafas lega.

Lepas istirahat kedua, Gibran bersama Maul, Basyit, Aziz, dan Guntur ngongkrong di kantin. Biasa, mengisi perut. Bakso Pak Kumis adalah makanan favorit mereka rame-rame. Soalnya makanannya enak banget!

“Mungkin ada bumbu rahasianya,” kata Gibran sewaktu-waktu.

“Apa rahasianya?”

“Dari kutu dari kumis pak de!”

Lagi enak makan, Maul kepikiran sama tugas Gibran tadi pagi. Ada kejanggalan kalau Gibran rajin. Karena pusing kepikiran terus, akhirnya Maul gak tahan buat nanya. “Gib, tumben tadi pagi udah ngerjain tugas ? Gak biasanya.”

“Oh tugas itu,” kata Gibran sambil mengunyah bakso. “Adik saya yang ngerjain, si Alya,” jawabnya enteng.

Maul bengong.

Basyit ikutan ngomong, “bukannya Alya itu masih kelas dua SMP, Gib? Gimana caranya dia bisa ngerjain soal anak kelas satu SMA ?”

Kontan aja bakso yang dimakan Gibran lansung dimuntahin. Otaknya gak kepikiran sampe sana. Oh iya, gimana cara dia ngerjainnya ya ? Jangan-jangan dia ngasal ? pikir Gibran. Bukannya apa-apa. Setelah dikerjain sama Alya, dia nggak nge-check lagi semua jawabannya. Langsung pede masukin tas. Mampus deh!

Bener aja, sorenya Bu Keriting masuk ke kelas. Sebenernya gak ada mata pelajarannya hari itu. Tapi beliau masuk kelas mau ngebahas pe-er yang dikasih kemarin. Semua murid duduk di bangku masing-masing. Basyit duduk di paha Maul. Soalnya bangkunya tiba-tiba hilang.

“Siapa dalang dari semua ini!” kata Bu Keriting.

Tak ada jawaban.

“Masa’ jawabannya sama semua. Udah gitu, jawabannya bego semua lagi.” Bu Keriting mengambil salah satu dari tumpukan buku tulis. Punya Gibran jadi korban. “Nih, punya Gibran. saya bacain. Pertanyaannya gini, ‘tumbuhan bernafas menggunakan apa?’ dan jawabannya adalah: ‘dengan hidung.’ Jawaban macam apa itu!”

Gibran ngikik sendiri.

“Ada lagi nih. ‘Mengapa saat bulan purnama air laut pasang sedangkan kalu tidak purnama air laut surut ?’ jawabannya, ‘Udah Takdir!’

Murid-murid ketawa serempak. Guru biologi menggebrak meja. Semua langsung hening kembali.
Lalu dia bertanya siapa yang ngasih jawaban ke semuanya. Gibran mengangkat tangan, mengaku. Dia dijatuhi hukuman skorsing selama satu minggu (alias libur!) Maul menunduk. 

Mukanya lesu. Harusnya dia yang angkat tangan. Supaya dapet jatah libur.

***

Satu hari setelah dijatuhi hukuman, Gibran langsung nyari informasi mengenai guru super galak itu. Dia mau tahu informasi apa yang Bu Keriting gak suka. Basyit pun menjadi utusan intel Gibran. Walau pada awalnya ada perdebatan sengit tentang harga yang ditawarkan.

“Nanti saya traktir bakwan satu deh, Syit,” kata Gibran.

“Dikau menghargai daku dengan sepotong bakwan ? aku tak sudi.”

“Gimana kalo dua bakwan ?”

“Deal!”

Bagai informan handal, Basyit mulai mencari informasi ke ruang guru. Saat ruangan lagi kosong, penyair gokil itu mengendap-ngendap ke meja Bu Keriting.

Sampailah di meja Bu Keriting. Ada beberapa map warna-warni ditumpuk, dan juga berkas lainnya. Ada dua kue bolu terdampar di atas piring. Tak lupa Basyit hajar juga. Sambil mengunyah makanan, ia mengobrak-ngabrik berkas.

Ada satu map yang gak biasa. Warna merah. Dilabeli judul “Diary”. Basyit baca salah satu kertas itu, sepertinya tulisan lama.

Senin, 14 Agustus.

Hari ini hari senin, besok selasa, lusa itu rabu. Kalo kemarin ? ya minggu lah. Oke cukup pembukaan diary ini. Hari ini saya kesal sekali. Pagi tadi, pas saya lagi pakai lipstick di ruang guru, saya mencium bau aneh. Bau amis gitu. Gak tau dari mana.

Saya instropeksi diri. Apakah saya kentut ? nggak juga. Apakah saya abis buang air besar gak cebok ? cebok sih, sedikit. Yang penting kan cebok! Lalu saya mencoba memakai lipstick lagi, kok baunya makin menyengat ya. Terus juga mulut terasa asin.

Ternyata oh ternyata. Setelah ditinjau lebih jauh lagi, ternyata lipsticknya dikasih terasi! Saya langsung pingsan. Bukannya apa-apa, saya paling takut sama terasi. Soalnya dulu waktu kecil suka dijijlin terasi sama orangtua kalo gak hapal perkalian.

Semoga yang ngerjain dikutuk bernafas pake insang!
 
Basyit mendapat satu kesimpulan! Bu Keriting paling gak suka terasi. Diberi kabarlah informasi itu ke Gibran. Gibran nyengir-nyengir sendiri. Muncul skenario terbaik di otaknya.

“Saya jadi mendapatkan bakwan gratis kan, Gib ?” tanya basyit.

“Setelah misi kita selesai Syit.” 

Setelah tahu informasi paling mujarab itu, Gibran menuju pasar, beli terasi sebanyak-banyaknya. Keesokan harinya, terasi yang dibeli bejibun ditaruh kolong meja depan kelas sebelum Bu Keriting masuk. Semua temen-temennya tutup hidung. Takut pingsan. Ini bau terasi atau ketek Gibran ?

Dengan semangat Bu Keriting masuk ke kelas IPA 3. Pas duduk di meja, beliau mencium bau-bau aneh. Bau terasi! Karena trauma nyium baunya, tiba-tiba kepalanya pusing, dan jatuh pingsan. 

Gibran ketawa di luar kelas. Rencananya berhasil.

Keesokannya dapet kabar kalo Bu Keriting gak masuk sekolah. Sakit. Dan dapet kabar lagi, perutnya diare-diare.

***

Sudah hampir empat hari Gibran diskorsing. Dan dua hari guru biologi gak masuk kelas. Kalau dipikir-pikir ramalannya si Maul kok ada benernya juga ya. Aziz jadi penasaran.

“Kok, kamu bisa ngeramal gitu sih ? Apa rahasianya ?”

“Nggak ada rahasianya kok. Saya cuman asal omong aja. Gak ada ramalan apapun hahaha.” Maul ketawa sendiri, lalu pergi meninggalkan kelas.

Di lain sisi, Basyit lagi dikejar-kejar sama Laila, cewek yang mukanya mirip buruh pabrik itu. Laila tergila-gila sama puisi basyit. Padahal puisinya untuk Balqis. Sial kali takdirku!
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video clip bodoh - jauh kau pergi

Dulu gue pernah menjadi artis video clip temen gue waktu smp, dan waktu itu suaranya lagi bagus bagusnya. rambut gue masih polem a.k.a poni lempar. dulu sih ganteng.. katanya.... katanya..... bukan kata gue yak. orang yang berperan dalam pembuatan video clip bodoh ini adalah : @Abdnaufal = gue sendiri, pemeran utama, orang yang galau ketika ditinggal kekasihnya (dalam video clip) @Bramastioo = kameramen, sutradara (gak ada di video clip, dia kameramen coy) @Adityarzqy = berperan menjadi temen gue, penjual kartu remi (dalam video clip) @Deni_dere = berperan menjadi temen gue, orang yang pake kacamata hitam (dalam video clip), orang yang merasa dirinya paling ganteng mirip vino gino bastian. ini video clipnya, check this out : http://www.youtube.com/watch?v=9Yc5CqCiEsg

Petak Umpet

Petak umpet. Permain tradisional yang lumayan nge- hits saat masih gue kecil. Cara bermainnya mudah, salah satu orang ada yang jaga menutup matanya di salah satu tempat, bisa tembok atau pohon. Terus, yang lain ngumpet mencari tempat persembunyian. Biasanya pada hitungan ke-30, yang jaga membuka matanya, lalu mencari orang yang ngumpet. Konon katanya, kalau mau main petak umpet jangan malem-malem. Nanti bisa diculik wewe gombel (salah satu spesies hantu yang ada di Indonesia). Semenjak gue mendengar itu, gue jadi jarang main petak umpet malam hari. Tapi, setelah beranjak remaja gue baru tau kalau ternyata wewe gombel itu hantu perempuan yang payudaranya besar. Gue jadi nyesel kenapa dulu gak pernah diculik dia. Gue dulu sering banget main petak umpet di komplek perumahan. Bimo, temen gue, dia selalu dicurangin sama temen-temen yang umurnya lebih tua saat main petak umpet. Dia selalu dibikin jaga terus. Pada awalnya dia biasa-biasa aja, tapi lama-kelamaan dia kesel juga, akhi

Jika terjadi, maka terjadilah

Menjelang liburan semester berakhir gue baru menyadari satu hal, kayaknya liburan gue gitu-gitu aja. Selalu melakukan rutinitas yang sama dari hari ke hari. Mulai bangun tidur, makan, nonton drama korea, boker, tidur, bangun tidur (lagi), makan (lagi), nonton drama korea (lagi), boker (lagi), dan tidur (lagi). Begitu seterusnya. Monoton banget. Gue berasa gak ada tantangan dalam hidup. Gue harus mencari sesuatu hal yang baru. Sepertinya harus kerja. Ketika kuliah di semester kemarin, gue sempet nyari kerja part-time buat nambah-nambah uang jajan. Soalnya keperluan di perkuliahan itu banyak banget, kadang print tugaslah, bayar inilah, itulah.  Biasanya gue nyari lowongan kerja di OLX, di situ ada lumayan banyak. Tapi selalu gak nemu yang cocok. Giliran gue udah nemu gaji yang pas, eh malah bentrok waktu kerjanya sama waktu kuliah. Sebaliknya, giliran waktunya udah pas, gajinya malah gak sesuai ekspetasi. Kata orang-orang emang bener: nyari kerja itu susah. Tapi dari seki