Langsung ke konten utama

Interview With Alita Biani (Kakaknya Tissa Biani)


Instagram/alitabiani
Melihat artis di televisi rasanya sudah terlalu sering. Gegap gempita dunia hiburan. Popularitas yang naik hari demi hari. Privasi yang hampir sudah tidak ada lagi, karena hampir masuk acara gosip setiap hari. Itu yang membuat gue nggak penasaran dengan kehidupan para artis, toh, kehidupannya hampir semuanya kita ketahui di televisi.

Belakangan ini, gue lagi suka melihat sosial media salah satu teman SMP, Alita Biani. Ia adalah seorang kakak dari Tissa Biani, artis sinetron dan film. Hampir di setiap insta-story –nya selalu bersama sang adik. Dan ini perlahan membuat gue penasaran. Gimana sih, kehidupan kakak seorang artis dan apa rasanya ?
Berbekal dengan jiwa jurnalistik terpendam di dalam dada, akhirnya gue memberanikan DM dia Twitter , bertanya apakah pengin diwawancara atau nggak. Bagai gayung bersambut, ternyata Alita membolehkan gue mengubek-ngubek kehidupan dia.

Nggak usah berlama-lama, ini adalah hasil wawancara gue bersama Alita Biani. (tentunya sudah disunting terlebih dahulu supaya enak dibaca). Enjoy.

Sekarang kesibukannya ngapain aja, lit ?
Kesibukannya adalah 80% sibuk nemenin tissa dan 20% menyibukan diri haha. Sekarang gue lagi milih-milih kuliah gitu pal, karena posisinya gue baru resign kerja. Dan gue sampe sekarang bingung mau masuk kuliah fakultas apa.

Oh begitu, berarti secara tidak langsung sekarang jadi asisten Tissa gitu dong ?
Mungkin seperti itu... karena Tissa belum ada stripping sinetron jadi gue nemenin kemana-mana untuk ketemuan sama orang. Cuman kalo misalkan dia stripping sih, beda lagi yg nemenin.

Apa sih rasanya punya adik yang berprofesi sebagai artis ?
Rasanya apa ya. Ini nih jawaban yang gue pikirin dari tadi. Bangga sih pastinya  J

Cara mengekspresikan bangganya gimana tuh, kalau boleh tau ?
Lebih ke bangga di dalem hati gitu sih, bersyukur juga sama Allah, itu sih cara gue mengekspresikannya. Nggak ekspresif banget ya gue.

Pernah nggak kepikiran untuk mau ikut terjun ke dunia hiburan juga seperti Tissa ?
Sebenernya dari kecil gue yang pertama kali diajak salah satu agency duluan. Kebetulan waktu itu lagi jalan kan di mall depok. Waktu umur gue masih 7 tahun. Terus ditawarin kan tuh mama gue, anaknya mau nggak bu, saya ajak syuting.

Nah, jadi lah gue berkecimpung duluan. Pernah tuh gue iklan acaranya farhan di Antv. Tapi belakangan diketahui kalau ternyata itu agency nakal, mama gue dimintain duit mulu gitu. Dimana-mana kan kita syuting kita yang dibayar ya. Ini malah kita syuting kita yang ngebayar Haha.

Nah, waktu itu mama gue kan masih awam banget, akhirnya gue nggak ikut casting-casting lagi karena mama gue males bayar-bayar. Mending bayarnya  100 ribu gitu, ya. Jaman dulu disuruh bayar 250 ribu sekali casting. Itu juga belum tentu dapet atau nggak haha.

Terus akhirnya gue ditawarin tuh, masuk sanggarnya olga, yang namanya sanggar ananda. Punyanya Aditya Gumay, cuman emang dasarnya gue nggak gigih jadi ya, karirnya nggak maju.
Pernah sih, ikut modeling waktu SMP, gadis sampul , masuk tuh gue 40 besar. Terus akhirnya gue memutuskan untuk pake jilbab haha. Sebenernya pengin juga jadi artis gitu kan, cuman guenya aja sih ga ulet.

Berarti untuk jadi artis "beneran" bener-bener nggak gampang ya, butuh usaha kerja keras juga ?
Banget. Bener-bener harus tebel banget deh semangatnya, harus biasa sama yang namanya penolakanAdek gue aja dulu pernah casting iklan, udah nunggu 5 jam nih, akhirnya di casting kan, ya. Ternyata usut punya usut pihak mereka udah punya kandidat nya.

Jadi mereka ngadain casting cuman buat formalitas doang, padahal udah punya pilihan sendiri. Parah ga sih ?

Sekarang banyak banget artis yang beli peran. Bahkan rela gak dibayar asal jadi peran utama. Asal bisa cepet terkenal. Sedih banget gue ngeliatnya.

Pernah juga waktu itu adek gue casting pake mobil bak, gara-gara mobil gue masuk bengkel haha. Jadi Cerita hidup yang seru banget

Parah juga sih ya, baru tau gue juga. Itu bisa tau punya kandidatnya sendiri gimana ceritanya ?
 Salah satu orang dalemnya cerita sama mama gueTerus mama gue kesel ngapain disuruh dateng. Udah nunggu 5 jam. Cuman kesel didalem hati aja sih, nggak sampe ngebentak-bentak gitu.

Apa pengaruh profesi Tissa Biani sebagai artis ke kakaknya dalam segi popularitas, materi, maupun pergaulan ?
Hahahahaha. Banyak bangetttt!

1. Gue jadi punya banyak relasi, karena setiap Tissa ketemu sama orang, pasti gue kayak ikut ngobrol. Ada juga kakaknya artis yang ansos. Gue tipe-tipe orang yang gak betah kalo diem aja

2. Karena sekarang jamannya Instagram, ya,  jadi gue ikut naik followersnya. Padahal isi instagram gue gak ada yang penting 1 foto pun.

3. Kalo materi pasti berpengaruh banget soalnya semua honornya di transfer ke rekening saya *ketawa iblis*

Sekarang berasa jadi manager berarti ya ? Kalau boleh tau bayarannya kisaran dari berapa sampai berapa Tissa sekali tapping atau shooting ?
Alhamdulillah. Hahahaha serius nanya nih, pal?

 Iya dong, kan pengin tau juga hehe. Kisaran aja, nggak usah spesifik.
Rahasia ah ;p

Oh iya, pernah nggak sih diserang sama netizen kalau  adik lu bermasalah ? Soalnya kadang, gue liat ada artis yang bermasalah, entah kontroversial, terus keluarganya ada yang kena serang juga.
Alhamdulillah sih belum pernah separah itu, sampe keluarganya ikutan juga. Waktu itu adek gue diserang fansnya artis anu hahaha. Ya dikata-katain gitu deh. Padahal adek gue diem-diem aja, gak tau kenapa dikata-katain. Tapi adek gue gak sampe dimasukin hati. 

Gimana cara nanggepin hate comment dari netizen by Alita  Biani ?
Sekarang gue tau cara nanggepin mulut-mulut nakal mereka haha. Caranya adalah.... cuekin aja, jangan pernah diambil hati karena kerjaan mereka adalah mencari-cari kesalahan kita walaupun kesalahan itu sebesar Zarrah🤣. Nanti mereka juga akan capek sendiri. Enjoy your life, dan teruslah berkarya

Kalau gue lihat secara pribadi, Tissa termasuk artis yang bukan cari "sensasi" ataupun "kontroversial". Apakah itu dididik dari kakaknya sendiri atau keluarga ?
Alhamdulillaaaah. Sebenernya pasti keluarga berperan penting buat ngedidik Tissa, ya. Cuman yang gue liat sih, pribadi-nya ini anak juga emang gak mau nyari sensasi gitu.

 Kayak waktu itu gue sempet nemenin dia ketemu sama temen-temennya yang umurnya jauh di atas dia. Gue sengaja pamit ke toilet lama banget. Dan sebenernya gue mau merhatiin dia dari jauh.

Gue liatin temen-temennya juga, beberapa kali si Tissa ditawarin minum, rokok, haha ini jujur.
Gue mau tau nih, apakah nggak ada gue si Tissa berani nyentuh-nyentuh begituan. Dan ternyata dia menolak semua itu.

Kalo temen-temen seumuran dia udah pada ngerokok, kayak temen sepantaran kita juga pal. Cuman kalo temen-temen adek gue lebih banyak anak ceweknya yang ngeroko hahaha.

Pertanyaan terakhir nih, pernah nggak sih merasa iri ngeliat adik yang karirnya melebihi daripada kakaknya sendiri ? 
Hmmm bukannya iri sih, lebih kayak jadi menginspirasi gitu, biar gue bisa kayak dia, cuman mungkin di jalan yang lain. Bukan di entertain. gitcuu pal

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Video clip bodoh - jauh kau pergi

Dulu gue pernah menjadi artis video clip temen gue waktu smp, dan waktu itu suaranya lagi bagus bagusnya. rambut gue masih polem a.k.a poni lempar. dulu sih ganteng.. katanya.... katanya..... bukan kata gue yak. orang yang berperan dalam pembuatan video clip bodoh ini adalah : @Abdnaufal = gue sendiri, pemeran utama, orang yang galau ketika ditinggal kekasihnya (dalam video clip) @Bramastioo = kameramen, sutradara (gak ada di video clip, dia kameramen coy) @Adityarzqy = berperan menjadi temen gue, penjual kartu remi (dalam video clip) @Deni_dere = berperan menjadi temen gue, orang yang pake kacamata hitam (dalam video clip), orang yang merasa dirinya paling ganteng mirip vino gino bastian. ini video clipnya, check this out : http://www.youtube.com/watch?v=9Yc5CqCiEsg

Petak Umpet

Petak umpet. Permain tradisional yang lumayan nge- hits saat masih gue kecil. Cara bermainnya mudah, salah satu orang ada yang jaga menutup matanya di salah satu tempat, bisa tembok atau pohon. Terus, yang lain ngumpet mencari tempat persembunyian. Biasanya pada hitungan ke-30, yang jaga membuka matanya, lalu mencari orang yang ngumpet. Konon katanya, kalau mau main petak umpet jangan malem-malem. Nanti bisa diculik wewe gombel (salah satu spesies hantu yang ada di Indonesia). Semenjak gue mendengar itu, gue jadi jarang main petak umpet malam hari. Tapi, setelah beranjak remaja gue baru tau kalau ternyata wewe gombel itu hantu perempuan yang payudaranya besar. Gue jadi nyesel kenapa dulu gak pernah diculik dia. Gue dulu sering banget main petak umpet di komplek perumahan. Bimo, temen gue, dia selalu dicurangin sama temen-temen yang umurnya lebih tua saat main petak umpet. Dia selalu dibikin jaga terus. Pada awalnya dia biasa-biasa aja, tapi lama-kelamaan dia kesel juga, akhi

Jika terjadi, maka terjadilah

Menjelang liburan semester berakhir gue baru menyadari satu hal, kayaknya liburan gue gitu-gitu aja. Selalu melakukan rutinitas yang sama dari hari ke hari. Mulai bangun tidur, makan, nonton drama korea, boker, tidur, bangun tidur (lagi), makan (lagi), nonton drama korea (lagi), boker (lagi), dan tidur (lagi). Begitu seterusnya. Monoton banget. Gue berasa gak ada tantangan dalam hidup. Gue harus mencari sesuatu hal yang baru. Sepertinya harus kerja. Ketika kuliah di semester kemarin, gue sempet nyari kerja part-time buat nambah-nambah uang jajan. Soalnya keperluan di perkuliahan itu banyak banget, kadang print tugaslah, bayar inilah, itulah.  Biasanya gue nyari lowongan kerja di OLX, di situ ada lumayan banyak. Tapi selalu gak nemu yang cocok. Giliran gue udah nemu gaji yang pas, eh malah bentrok waktu kerjanya sama waktu kuliah. Sebaliknya, giliran waktunya udah pas, gajinya malah gak sesuai ekspetasi. Kata orang-orang emang bener: nyari kerja itu susah. Tapi dari seki